Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Butuh Uang Cepat? Aplikasi ini Cocok untuk Anda yang Butuh Uang Cepat

Pada saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan ketidakstabilan ekonomi dan membuat berbagai macam fluktuasi harga di pasar. Berbagai harga kebutuhan yang terus melonjak mengakibatkan para konsumen memilih berbagai macam cara untuk mendapatkan dana guna memenuhi kebutuhannya.




Salah satu cara termudah untuk mendapatkan dana adalah dengan menggunakan pinjaman online atau system kredit tanpa anggaran (KTA).

Salah satu aplikasi yang dapat memudahkan dalam melakukan pinjaman online adalah aplikasi tunaiku, aplikasi pinjaman tunaiku ini merupakan anak usaha dari Bank Amar, yang menjadikan tunaiku sebagai satu-satunya produk pinjaman online yang berasal dari bank.


Hal ini cukup menarik karena tentu saja pengguna yang ingin meminjam uang bisa membangun kepercayaan karena asal aplikasi ini berbasis dari bank.


Sekilas Mengenai Aplikasi Tunaiku

Tunaiku merupakan salah satu aplikasi pinjaman online yang beroperasi untuk membantu memberikan pinjaman dana secara cepat dan praktis. Aplikasi ini sudah tersedia baik di Play Store maupun App Store. Aplikasi ini merupakan salah satu anak usaha dari bank amar, atau lengkapnya PT Bank Amar Indonesia Tbk yang telah berdiri sejak tahun 1991.


Meskipun berdasarkan data yang ada bank ini hanya memiliki tiga cabang, tetapi bank ini telah diawasi oleh OJK sehingga dapat dipastikan transaksi yang dilakukan melalui tunaiku aman dan terpercaya. Bank Amar telah memiliki kredibilitas yang baik serta lebih banyak bergerak dalam pelayanan berbasis digital. Layanan tunaiku diluncurkan oleh Bank Amar pada tahun 2014.



Persyaratan dan Panduan Peminjaman Dana Melalui Tunaiku

Seperti pinjaman online pada umumnya, syarat utama peminjaman dana melalui tunaiku perlu mempersiapkan KTP untuk verifikasi identitas, kemudian ada beberapa persyaratan lain yang perlu dipenuhi antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki rekening bank
  3. Berusia mulai dari 21 tahun hingga maksimal 55 tahun dan aktif bekerja
  4. Mengisi seluruh form yang dibutuhkan, setelah berkas yang diperlukan dinyatakan sesuai, maka pinjaman dana bisa masuk ke rekening pengguna

Sedangkan untuk proses pinjaman melalui aplikasi tunaiku dapat dilakukan setelah melalui beberapa tahapan berikut ini:

      Install aplikasi tunaiku melalui Play Store atau App Store

      Melakukan pendaftaran pada aplikasi yang telah terinstall menggunakan email atau nomor handphone

      Pilih menu pinjaman lalu masukkan jumlah pinjaman yang diinginkan beserta tempo dan cicilan pembayaran yang akan dilakukan sesuai keinginan Anda

      Memenuhi dan mengisi formulir pengajuan pinjaman yang dibutuhkan lalu klik setuju dan kirim

      Menunggu hasil verifikasi data dan berkas yang dilakukan oleh tim dari tunaiku, proses verifikasi data ini biasanya akan berlangsung selama 1x24 jam, bila terdapat kendala dapat menghubungi call center

      Apabila telah disetujui oleh tim tunaiku, maka pengguna dapat mengonfirmasi pinjaman melalui aplikasi

      Peminjam melakukan penandatanganan kontrak melalui kurir, kontrak berisi dan memiliki peran seperti bukti perjanjian yang dapat dipertanggungjawabkan dengan jangka waktu 1 hingga 3 hari kerja.

      Setelah penanda tanganan kontrak dan verifikasi lebih lanjut oleh tim aplikasi tunaiku, maka peminjam dapat menunggu dana yang dipinjamkan akan dikirim melalui rekening peminjam yang tela diberikan

      Dana yang telah diterima dapat digunakan oleh peminjam, dan pembayaran dapat dilakukan sesuai dengan nominal dan jangka waktu yang telah ditentukan

      Segala hal mengenai kendala yang berkaitan dengan peminjaman dapat selalu dikomunikasikan melalui call center tunaiku yang aktif setiap hari dan akan memberikan jawaban yang dibutuhkan



Kelebihan Pinjaman Online Melalui Tunaiku

  1. Aman dan Terpercaya

Salah satu hal terpenting bagi penyedia jasa pinjaman online adalah keamanan dan kepercayaan bagi para penggunanya. Meskipun dari aplikasi tunaiku sendiri tidak diawasi oleh OJK, karena tunaiku merupakan anak usaha dari Bank Amar maka sebenarnya aplikasi ini masih berada di bawah kepemimpinan bank tersebut dimana Bank Amar sendiri sudah berada di bawah naungan OJK.

Hal ini tentu saja menambah rasa kepercayaan pengguna karena pinjaman online akan sangat berkaitan dengan data pribadi sehingga dibutuhkan pengawasan yang ketat untuk segala prosesnya.

Hasil review dari aplikasi ini di App Store maupun Play Store juga menunjukkan nilai yang memuaskan sehingga dapat dipastikan bahwa aplikasi ini terpercaya untuk digunakan.


  1. Tidak perlu menggunakan kepemilikan kartu kredit

Berbeda dengan pinjaman online lainya dimana biasanya mereka mensyaratkan kepemilikan kartu kredit aktif minimal satu tahun, untuk tunaiku sendiri tidak mensyaratkan hal tersebut.

Hal ini sesuai dengan beberapa review yang kita dapatkan secara online yang tentu saja akan memudahkan pengguna yang ingin melakukan pinjaman karena tidak perlu melakukan pembuatan kartu kredit, sehingga pencairan dan pengembalian dana dapat dilakukan secara sekaligus melalui aplikasi tersebut.


  1. Tanpa menggunakan jaminan

Salah satu keuntungan yang paling menggiurkan dari pinjaman menggunakan tunaiku yaitu tidak perlu memberikan jaminan kepada pihak aplikasi, seperti asset berupa kendaraan, surat berharga, ataupun perhiasan dan sebagainya.

Hal inilah yang mengakibatkan tunaiku banyak menarik minat dari penggunanya dibandingkan aplikasi pinjaman online lainnya.

Pinjaman tanpa jaminan ini tentu saja memudahkan bagi pengguna yang ingin mencairkan dananya secara cepat, akan tetapi karena tidak adanya jaminan maka diharapkan peminjam lebih bijak dalam melakukan pembayaran cicilan yang tepat waktu dan tidak jatuh tempo dalam melakukan pembayaran karena akan mempersulit proses ke depannya.


  1. Bisa digunakan kapan saja dan untuk apa saja

Keberadaan tunaiku yang berbasis teknologi tentu saja memudahkan peminjam untuk melakukan transaksi hanya melalui gadget mereka, tanpa harus mengantre panjang seperti jika ingin melakukan pinjaman di bank dan dapat melakukan pinjaman tunaiku cepat.


Hal ini merupakan keuntungan dari segi waktu dan tenaga karena peminjam bisa menghemat kedua hal tersebut.

Selain itu, pinjaman dari tunaiku dapat digunakan untuk segala hal karena walaupun merupakan sebuah produk dari bank tetapi pinjaman ini tidak tersegmentasi seperti kredit pada umumnya, sebagai contoh KPR untuk membeli rumah, KKB untuk membeli kendaraan bermotor, dan semacamnya.


Kedua hal ini tentu saja memudahkan peminjam untuk mengelola sendiri dana pinjaman mereka tanpa harus terikat keharusan untuk membeli sesuatu. Tetapi, perlu adanya kesadaran dari peminjam untuk meminjam dana pada hal yang penting saja agar tidak merugikan diri sendiri.

Sistem Pinjaman Aplikasi Tunaiku

Sebagai salah satu penyedia jasa pinjaman online, tunaiku tentu saja memiliki beberapa ketentuan bagi peminjaman dana yang akan dilakukan. Berdasarkan penjelasan di situs tunaiku, pinjaman dapat dilakukan dengan minimal 2 juta rupiah dengan batas maksimal untuk pinjaman senilai 20 juta rupiah.


Untuk masa pembayarannya sendiri memiliki berbagai macam pilihan dengan masa pembayaran cicilan aplikasi tunaiku maksimal yang dilakukan selama dua puluh bulan. Dengan begini peminjam dapat menentukan pinjaman yang akan dilakukan sesuai dengan kemampuan untuk membayarnya.